Anda Wajib Tahu Apa itu Penyakit Tumor dan Jenisnya

Tumor adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak berfungsi. Tumor jinak bukanlah tumor ganas, yang merupakan kanker . Itu tidak menyerang jaringan di dekatnya atau menyebar ke bagian lain dari tubuh seperti kanker . Dalam kebanyakan kasus, pandangan dengan tumor jinak sangat bagus. Tapi tumor jinak bisa serius jika menekan struktur vital seperti pembuluh darah atau saraf. Oleh karena itu, kadang-kadang mereka memerlukan perawatan dan kali lain tidak.

tumor

Apa yang menyebabkan tumor jinak terbentuk ? Seringkali penyebabnya tidak diketahui. Tetapi pertumbuhan tumor jinak mungkin terkait dengan:

  • Racun lingkungan, seperti paparan radiasi
  • Genetika
  • Diet
  • Menekankan
  • Trauma atau cedera lokal
  • Peradangan atau infeksi
  • Pengobatan Tumor Jinak

Dalam banyak kasus, tumor jinak tidak memerlukan pengobatan. Dokter mungkin hanya menggunakan “penantian waspada” untuk memastikan mereka tidak menimbulkan masalah. Tetapi pengobatan mungkin diperlukan jika gejala merupakan masalah. Pembedahan adalah jenis perawatan umum untuk tumor jinak. Tujuannya adalah untuk mengangkat tumor tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Jenis perawatan lain mungkin termasuk obat – obatan atau radiasi.

Ada banyak jenis tumor jinak yang muncul dari berbagai struktur di tubuh. Ini adalah beberapa jenis tumor jinak yang paling umum:

Adenoma adalah tumor jinak yang dimulai di jaringan epitel kelenjar atau struktur mirip kelenjar. Jaringan epitel adalah lapisan tipis jaringan yang menutupi organ, kelenjar, dan struktur lainnya. Jenis adenoma yang umum adalah polip di usus besar . Adenoma mungkin juga tumbuh di hati atau kelenjar adrenal, hipofisis, atau tiroid .

Jika diperlukan, adenoma sering dapat dihilangkan dengan pembedahan. Meski tidak umum, tumor jenis ini bisa menjadi ganas. Di usus besar, kurang dari 1 dari setiap 10 adenoma menjadi kanker.

Fibromas (atau fibroid ) adalah tumor berserat atau jaringan ikat yang dapat tumbuh di organ apa pun. Fibroid biasanya tumbuh di rahim. Meskipun tidak bersifat kanker, fibroid uterus dapat menyebabkan pendarahan vagina yang berat , masalah kandung kemih , atau nyeri atau tekanan panggul .

Tipe lain dari tumor jaringan fibrosa adalah tumor desmoid. Tumor ini dapat menyebabkan masalah dengan tumbuh ke jaringan di dekatnya.

Karena mereka dapat menyebabkan gejala, tumor jaringan fibrosa mungkin perlu dihilangkan dengan pembedahan.

Hemangioma adalah penumpukan sel-sel pembuluh darah di kulit atau organ-organ internal. Hemangioma adalah jenis tanda lahir yang umum , sering terjadi di kepala, leher, atau batang tubuh. Mereka mungkin tampak berwarna merah atau kebiruan. Sebagian besar pergi dengan sendirinya. Mereka yang mengganggu penglihatan , pendengaran, atau makan mungkin memerlukan perawatan dengan kortikosteroid atau obat lain.

Lipoma tumbuh dari sel-sel lemak. Mereka adalah tumor jinak yang paling umum pada orang dewasa, sering ditemukan di leher, bahu, punggung, atau lengan. Lipoma tumbuh lambat, biasanya bulat dan bergerak, dan lembut saat disentuh. Mereka dapat berjalan dalam keluarga dan kadang-kadang mereka hasil dari cedera. Perawatan mungkin diperlukan jika lipoma menyakitkan atau tumbuh dengan cepat. Ini mungkin termasuk suntikan steroid atau pengangkatan melalui sedot lemak atau pembedahan.

Meningioma adalah tumor yang berkembang dari membran di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Sekitar sembilan dari 10 jinak. Banyak yang tumbuh dengan lambat. Lainnya tumbuh lebih cepat. Pengobatan bervariasi tergantung pada lokasi meningioma dan gejala yang ditimbulkannya. Gejala mungkin termasuk sakit kepala dan kelemahan di satu sisi, kejang , perubahan kepribadian, dan masalah penglihatan.

Terkadang dokter akan memilih untuk mengamati tumor untuk sementara waktu. Jika operasi diperlukan, keberhasilannya tergantung pada usia Anda, lokasi tumor, dan apakah itu melekat pada apa pun. Perawatan radiasi dapat digunakan untuk tumor yang tidak dapat dihapus.

Mioma adalah tumor yang tumbuh dari otot. Leiomyoma tumbuh dari otot polos, yang ditemukan di organ dalam seperti perut dan rahim. Mereka bisa mulai di dinding pembuluh darah. Di dinding rahim, leiomioma sering disebut fibroid. Tumor jinak yang langka dari otot rangka adalah rhabdomyoma. Tumor ini mungkin hanya ditonton. Untuk mengatasi gejala, mereka mungkin menyusut dengan obat-obatan atau dikeluarkan dengan operasi.