Mendag Enggar ungkap Pemerintah Jokowi ingin masyarakat kembali datang ke pasar HOT UPDATE

Berita terkini hari ini menginformasikan bahwa Mendag Enggar ungkap Pemerintah Jokowi ingin masyarakat kembali datang ke pasar.

Merdeka.com – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, melakukan blusukan ke Pasar Pingit, Kota Yogyakarta, Sabtu (30/12). Menteri Enggar mengunjungi langsung hasil renovasi Pasar Pingit dan melakukan pengecekan harga.

Menteri Enggar menuturkan Presiden Jokowi menargetkan 5.000 pasar dibangun, direvitalisasi dan direnovasi. Pasar Pingit menjadi salah satu pasar yang direnovasi oleh pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Pasar adalah denyut nadi ekonomi di daerah. Perdagangan akan nampak terlihat dari aktivitas pasar,” ujar Menteri Enggar, Sabtu (30/12).

Menteri Enggar menuturkan jika pemerintah saat ini menggalakkan masyarakat untuk kembali ke pasar. Sebab, lanjutnya, pasar merupakan denyut nadi perekonomian.

“Fisiknya (pasar) yang kita perbaiki. Kemudian (pasar) direvitalisasi agar tak kalah bersaing dengan pasar modern,” ungkapnya.

Presiden Jokowi, lanjutnya, menargetkan tiap tahun akan ada 1.000 pasar direvitalisasi. Dia menyampaikan hingga 2017 baru ada 2.900 lebih pasar yang telah direnovasi dan direvitalisasi.

“Sampai tahun 2017, saya masih kurang. Kekurangan itu akan kita kejar di tahun 2018,” ujarnya.

Menteri Enggar menambahkan saat ini telah disiapkan kredit khusus kepada para pedagang tradisional melalui bank. Dia mencontohkan Jakarta dan sejumlah daerah lainnya telah diterapkan kredit khusus ini.

“Kami masih menginventarisasi daerah mana yang bisa masuk (program kredit bank). Dengan demikian tingkat persaingan sama. Biar masyarakat banyak pilihan dan kita mengangkat pasar tradisional,” tuturnya.

Menteri Enggar juga meminta maaf kepada para pedagang pasar karena Presiden Jokowi yang sedianya akan datang dan meresmikan Pasar Pingit bersama empat pasar lainnya tak bisa datang. Presiden Jokowi tak jadi hadir karena padatnya jadwal.

“Saya ditugaskan Pak Jokowi ke sini (Pasar Pingit). Saya akan mewakili Bapak Presiden untuk meninjau (Pasar Pingit). Menyiapkan jika sewaktu-waktu Bapak Presiden sekiranya bisa meninjau setiap saat,” urainya.

[bim]

Kabar terbaru ini diinformasikan oleh sumber informasi mengenai Mendag Enggar ungkap Pemerintah Jokowi ingin masyarakat kembali datang ke pasar.