Cara Mengatasi Blue Screen yang Rusak

Cara Mengatasi Blue Screen yang Rusakcara men Salah satu permasalahan yang sering muncul bagi pengguna windows adalah adanya Blue Screen. Masalah yang satu ini bisa saja terjadi dan menyerang baik itu pada komputer ataupun laptop. Blue screen atau yang sebenarnya bernama Blue Screen of Death (BSOD) adalah kondisi dimana Windows hanya akan memunculkan warna biru pada layar monitor.

blue screen

blue screen

Mengatasi blue screen ini muncul karena adanya sebuah kesalahan yang ada pada software ataupun hardware yang ada pada laptop atau komputer tersebut. Penyebab dari BSOD ini bisa disebabkan dengan adanya kerusakan baik itu pada hardware ataupun software yang mengalami crash terlalu parah. Crash ini terjadi karena adanya proses ketika Windows bertemu dengan Error STOP. Yang kemudian menyebabkan kegagalan dari berprosesnya Windows dan menyebabkan Windows berhenti untuk bekerja. Kunjungilah service printer jika perlu.

Ketika hal ini terjadi, biasanya akan langsung dilakukan restart pada laptop atau komputer tersebut. Memang, kendala yang muncul tidak hanya pada Windows 7. Ini memang sedikit menjengkelkan dan mungkin akan menganggu pekerjaan yang anda lakukan. Ketika hal ini terjadi cara pertama yang harus anda hindari adalah jangan panic. Dan lakukan step-step cara memperbaiki BSOD berikut ini

Lakukan Restart Komputer

Restart dilakukan dengan cara tekan tombol restarst kemudian tunggu hingga komputer atau laptop selesai melakukan booting. Setelah booting selesai jika komputer memang belum mengalami kerusakan yang parah akan langsung kembali normal. Namun, ketika cara ini juga tidak bisa mengatasi BSOD, maka selanjutnya anda bisa melakukan langkah yang kedua berikut ini.

Menggunakan Cara System Restore

Selain restart, pertolongan pertama yang bisa anda lakukan ketika komputer atau laptop baru saja mengalami Blue Screen adalah. Dengan melakukan system restore pada komputer.

  1. Matikan Komputer atau Laptop Terlebih dahulu

Pertama-tama, matikan terlebih dahulu komputer yang sudah memunculkan blue screen tadi dengan cara. Tekan power button yang ada pada komputer. Kemudian tahan hingga komputer dalam keadaan off yang sempurna.

  1. Nyalakan kembali komputer atau laptop
  2. Klik F8
  3. Pilih Safe Mode
  4. Masuk ke Operasi Sistem Safe Mode

Untuk metode ini selanjutnya yang harus anda lakukan adalaH. Klik start windows, klik control, klik panelsystem & security, klik action center, klik recovery, klik open system restore, klik next, klik next, klik finish, klik yes.

Komputer Restart Otomatis

Jika cara ini berhasil berikutnya anda akan mendapatkan tampilan komputer yang normal. Dan tidak ada lagi dumping memory ataupun Blue Screen of Death.

Menggunakan Cara Repair System Operasi Windows

Jika cara diatas belum berhasil anda bisa melakukan cara kedua yaitu dengan menggunakan metode Repair System Operasi Windows. Untuk cara ini digunakan untuk mengatasi masalah BSOD yang biasanya terjadi karena ada file windows yang corrupt. Cara ini memerlukan DVD operasi system Windows yang kemudian digunakan untuk melakukan repair pada windows.

Menggunakan Cara Instal Update Driver

Jika laptop atau komputer masih saja mengalami BSOD bisa juga dilakukan perbaikan dengan cara yang lain yaitu dengan menginstal update driver. Hampir sama dengan melakukan repair. Bedanya untuk install update driver ini dikarenakan adanya crash update yang tidak cocok atau belum selesai. Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan melakukan download driver terbaru dari perangkat yang anda miliki.

Bagaimana jika semua cara service komputer untuk mengatasi Blue Screen di atas tidak berhasil?

Dengan menggunakan Cara Instal Ulang Windows, Jika cara service komputer di atas masih saja belum membuat laptop atau komputer menjadi dalam kondisi yang baik. Maka cara terakhir adalah dengan melakukan install ulang windows. Cara ini adalah cara untuk membangun ulang Windows yang ada pada laptop atau komputer. Sehingga tidak akan lagi mengalami kerusakan seperti BSOD. Namun, jika cara ini belum juga berhasil maka masalahnya adalah terletak pada hardware dari perangkat komputer anda. dan tidak ada saalahnya jika Anda mengunjungi layanan service komputer

itulah beberapa tips mengenai untuk menangani blue screen yang rusak. Selamat mencoba dirumah. Semoga berhasil!